Menanam kangkung hidroponik sangat mudah hanya bermodalkan alat dapur

    
          Ass.Kalian pasti sudah tahu kan tanaman kangkung, yap tanaman yang biasanya dibuat untuk tumis.
        

         Kalian bisa menanam kangkung itu sendiri, yaitu dengan cara hidroponik.Sangat mudah menanam kangkung secara hidroponik hanya menggunakan "BAKUL PLASTIK"






   

    Yap Bakul plastik, dan juga pendukungnya ember sebagai tempat penampungan nutrisi, usahakan mencari ember yang mulutnya sama dengan lebar si bakul. Jika kalian memiliki bakul plastik yang dasarnya berongga kecil kalian tidak perlu menambahkan apapun,namun jika bakul kalian dasarnya berongga besar kalian harus menambahkan kain flanel sebagai alas. Hal ini bertujuan agar nantinya benih kangkung tidak jatuh ke dalam embernya.

    

        Oke,langsung ke tutorialnya,Pertama siapkan benih kangkung,biasanya kalo beli di olshop kemasan repack harganya dibawah 5k, isinya sekitar 300 benih (seeds).Isi ember dengan air biasa terlebih dahulu,mengisinya sampai menyentuh dasar bakulnya saja. Jangan sampai menggenang ,nantinya benih kangkung malah membusuk.
    

            Kedua,taburkan benih ke bakul plastik secara merata,asal- asal saja, asalkan benih tak ada yang saling bertumpuk.Biarkan benih sprout (pecah), sekitar 2-3 hari, setelah berkecambah sudah bisa di perkenalkan sinar matahari langsung.Usahakan sehari penuh terkena sinar matahari agar nantinya tidak kutilang (KURUS,TINGGI,LANGSING).<nanti dibahas diblog selanjutnya:).

    
           
            Setelah kangkung berdaun 4 atau sekutar 10 hari, mulai ditambahkan pekatan nutrisi AB MIX. Dengan ppm sekitar 500ppm. Pada tahap ini volume air diember dikurangi agar tanaman bisa menyerap oksigen,paling tidak ada akar kangkung yang tidak menyentuh air.
  
  Tips:  
       " Sekitar 25 -30hst (hari setelah tanam) kangkung bisa dipanen.Bisa di potong pada bagian batang, nanti bisa tumbuh kembali,atau dicabut dengan akar-akarnya juga.
 

   Berikut foto kangkung hidroponik saya
 

 
                         7 hari setelah semai.

       
                            10 Hari setelah semai




Semoga informasi dari blog ini bermanfaat.     
   


   
                 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Hama Tanaman Hidroponik dengan Pestisida Alami

Cara Membuat Hidroponik Sistem Rakit Apung |Hidropinik Rumahan

Cara Membuat Yellow Trap ~Jebakan Lalat