Cara Menyemai Bayam Hidropinik

 Assalamualaiku wr.wb

Bayam 10 HSS

   
   Selamat datang kembali di blog hidroponik rumahan. Di blog kali ini saya akan membahas bagaimana cara menyemai bayam secara hidroponik, ikuti step by step nya ya, agar hasil semaiannya bagus.
  
    Untuk bahan yang diperlukan yaitu:
-Rockwool
-Lidi/tusuk sate
-Nampan
-Benih bayam
-Air 

          Ikuti langkah-langkahnya
-Potong rockwool dengan ukuran  2cm×2cm,  potong dadu dadu, asal  jangan sampai  terpisah rockwool  yang satu dengan yang  lain.

-Setelah rockwool dipotong lubangi  dengan   tusuk sate/lidi, cukup 1  lubang perkotak  rockwool.

-Basahi dahulu lidinnya, agar mudah  nanti saat memasukkan benih, setelah  dibasahi, ambil sekitar 4-6 benih  dimasukkan ke masing-masing lubang  di rockwool

-Setelah itu basahi rockwool dengan  air biasa, hingga lembab, jangan  sampai air menggenang karena  nantinya benih bayam malah busuk

-Tunggu sekitar 2-3 hari benih akan  sprout/berkecambah

-Setelah benih mulai berkecambah,    langsung perkenalkan dengan  matahari , jaga kelembapan rockwool  jangan sampai rockwool kekeringan,  atau terlalu basah.

-Benih bayam dapat dipindah tanam  ke sistem hidropinik saat sudah  berdaun 3, pengalaman pribadi saya  daun ke 3 muncul setelah 14-15 hari.

    Untuk tipsnya yaitu:
● Jika hendak menyemai bayam ,              sebaiknya lebihkan sedikit, misalnya    anda memiliki 9 lubang tanam lebihi    sekitar 3 kotak rockwool, karena            tidak menutup kemungkinan ada          benih yang jelek/gagal tumbuh

● Jaga rockwool tetap lembab, jika terlalu        kering, daun tanaman akan kering dan          kuncup, dan jika terlalu basah biasanya        akar akan membusuk dan tanaman pun        kerdil. (Akar tanaman yang sehat yakni        berwarna putih bersih).


Sekian dari blog saya kali ini, jangan lupa langganan agar mendapat informasi baru seputar hidroponik dari saya

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Hama Tanaman Hidroponik dengan Pestisida Alami

Cara Membuat Hidroponik Sistem Rakit Apung |Hidropinik Rumahan

Cara Membuat Yellow Trap ~Jebakan Lalat